N.I.A.T. – Panduan Pencapaian Visi Anda

“Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya…” (HR. Bukhari)

 

Hadits di atas sudah sangat populer sehingga hampir semua orang mampu melafalkannya bahkan dalam versi bahasa Arab nya dan gambar di bahwanya mempertegas bahwa niat itu penting dibuat sebelum melakukan aktivitas.

Beberapa orang datang pada kami dan menanyakan bagaimana cara mencapai visi yang kita miliki. Visi merupakan gambaran masa depan yang kita harapkan terjadi pada diri kita yang lahir dari kebutuhan akan hal tersebut yang biasanya akan terukur sesuai dengan kemampuan yang kita miliki baik yang kita sadari ataupun tidak.

Ada kutipan menarik yang menyatakan bahwa, “Apa yang dapat dibayangkan dapat menjadi kenyataan.” Dapat menjadi kenyataan berarti Anda harus mengusahaan itu terjadi. Tetapi banyak juga orang yang mengatakan, “Saya dapat membayangkannya tetapi tetap saja tidak dapat mencapainya.”

Maka kami katakan, “Jika usaha Anda sudah maksimal, maka itu kita sebut takdir. Ya sudah, terima saja dan gunakan takdir itu untuk menjemput takdir lain atau dalam bahasa kekinian Accept and Utilize.”

Tapi jika Anda rasakan bahwa usaha Anda belum maksimal maka bisa jadi NIAT Anda perlu diperbaiki. Wallahu a’lam.

N.I.A.T adalah serangkaian alat (goal setting tool) yang insyaa Allah dapat membantu dalam mencapai visi Anda. Idealnya kita membahas dan mempraktikkannya dalam sebuah workshop tapi apa daya kita terbatas ruang dan waktu maka mari kita bahas saja secara singkat.

N = Need

I = Impact

A = Act Enthusiastically

T = Total

Visi Anda adalah sesuatu yang Anda butuhkan terjadi. Bukan hanya keinginan, kebutuhan memiliki konsekuensi berbeda. Ketika Anda lapar, Anda memerlukan makanan dan ketika tidak mendapatkannya maka akan terjadi masalah pada diri Anda, ini adalah KEBUTUHAN (Need). Dan setelah makan hingga rasa lapar Anda hilang, Anda melihat ada makanan yang menggugah selera Anda, Anda ingin mencicipinya. Ketika berfokus pada rasa lapar maka kejadian kedua hanyalah sebuah KEINGINAN (want) bukan kebutuhan karena konsekuensinya berbeda ketika Anda tidak bisa mendapatkannya.

Visi Anda haruslah yang memiliki konsekuensi besar jika Anda tidak bisa mencapainya, misalnya.

N = Dalam satu tahun sejak hari ini, yaitu tanggal 2 bulan 6 tahun 2018, saya dan ibu saya berangkat berziarah ke masjidil Aqsa. Saya sangat menyayangi Ibu saya, dan Ibu saya telah meminta pada saya untuk pergi kesana, saya tidak tahu umur masing-masing jika harus menunggu lama.

Anda melihat ada masalah jika ini tidak terjadi? 

 

Silakan isi dengan N Anda sendiri,

N = _________________________________________________________________________

 

I = Impact, adalah dampak positif yang akan terjadi pada hidup Anda ketika hal yang menjadi visi Anda terjadi. Dalam sebuah kelas pelatihan tenaga pemasar Asuransi Jiwa, ada seorang laki-laki yang memiliki visi untuk memiliki mobil dalam satu tahun. Ia membutuhkan (Need) hal tersebut agar terhindar dari hinaan mertuanya. Anda tahu kan dimana masalahnya jika hal ini tidak tercapai? Dan ketika kami tanya apa dampaknya pada hidup Anda saat hal ini terjadi, ia menjawab, “Saya bisa membawa keluarga saya tanpa khawatir mereka kepanasan atau kehujanan dengan demikian saya dapat fokus pada pekerjaan saya dan harapannya akan lebih berhasil dari sebelumnya. Ini yang kita sebut sebagai IMPACT.

Silakan isi dengan I Anda sendiri,

I = __________________________________________________________________________

 

Act Enthusiastically merupakan aktivitas yang menjadi jalan tercapai visi kita. Kita bukanlah penghayal yang hanya bermimpi (dreamful) tetapi kita orang-orang yang memiliki visi. Bagaikan anak tangga untuk mencapai sebuah ketinggian, Act Enthusiatically adalah rangkaian aktivitas terencana yang dapat kita lakukan dengan senang hati lantaran tidak terlalu sulit dan tidak pula terlalu mudah. Misal;

 

A = Untuk mencapai visi saya, sebagai agen asuransi, saya hanya harus bertemu dengan 10 orang setiap hari untuk menjelaskan manfaat asuransi yang perusahaan kami miliki dan tidak selesai sebelum pertemuan dengan 10 orang ini terpenuhi.

Bagi agen ini, bertemu dengan 10 orang baru setiap hari merupakan tantangan yang tidak terlalu sulit dan tidak pula terlalu mudah. Mungkin bagi Anda, Anda dapat menambahkan jumlahnya untuk mencapai tingkatan menantang.

Silakan isi dengan A Anda sendiri,

A = __________________________________________________________________________

Total, dalam setiap usaha pastilah ada ujian. Hal ini Allah ciptakan agar Anda mengetahui apakah diri Anda adalah orang yang bersungguh akan visi Anda atau hanya orang yang bermain-main menghabiskan waktu dengannya. 

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi (QS Al Ankabut:2)

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun (QS Al Mulk:2)

Yang Anda perlu lakukan adalah menghadapi ujian-ujian tersebut dan melaluinya. Dibutuhkan ketahanan dan kesabaran agar menjadi sebab pertolongan Allah.

Untuk dapat Total, Anda hanya harus mengetahui hal-hal yang biasanya menjadi ujian kesabaran Anda dalam usaha ini. Anda dapat bertanya pada orang yang lebih dahulu berpengalaman dalam usaha ini tentang apa-apa saja yang biasanya menjadi ujian mulai dari yang ringan hingga yang berat. Misal, berikut adalah daftar ujian bisnis Anda sebagai agen asuransi;

  1. Ban motor/mobil kempes saat menuju kerumah calon nasabah.
  2. Pulsa telpon habis padahal Anda harus membuat janji temu.
  3. Calon nasabah menolak bertemu.
  4. Orang-orang menghina pekerjaan Anda.
  5. Di kejar anjing saat prospek.
  6. dan lain sebagainya

Dari daftar di atas, Anda dapat menyiapkan solusi untuk mengantisipasi ketika hal-hal tersebut benar-benar terjadi sehingga Anda menjadi Total dalam menjalani pekerjaan Anda.

Orang-orang yang bekerja Total akan mengeluarkan keluhan yang minimal dan sebaliknya, orang-orang yang bekerja minimal maka mereka akan Total dalam mengeluarkan keluhan.

Silakan isi dengan T Anda sendiri, rincikan apa yang akan menjadi persoalan di kemudian hari dan persiapkan cara mengatasinya sebagai antisipasi.

T = __________________________________________________________________________

 

Inilah penjelasan singkat yang dapat kami bagikan dan semoga hal ini dapat segera Anda gunakan untuk mengetahui kekuatan N.I.A.T. yang Anda miliki.

Semoga Allah memudahkan urusan Anda, amiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *