HIDUP ADALAH PERJALANAN, KAU BISA PILIH DENGAN APA DAN SIAPA KAU BERJALAN

Tujuan umat Islam sangat lah jelas, yaitu mencapai surganya Allah. Layaknya mencapai tujuan, dunia ini hanyalah perjalanan.

Bayangkan bahwa Anda akan menuju, misalnya, Yogyakarta. Salah satu kota favorit saya. Anda bisa memilih apakah berjalan sendiri atau bersama teman. Anda juga bisa memilih menggunakan apa Anda menuju kesana, dengan pesawat, mobil, atau lainnya.

Seringkali, berjalan bersama teman akan mempermudah perjalanan kita atau terkadang malah menyulitkan. Mempermudah jika kita dan teman kita memiliki tujuan yang sama dan terlebih jika teman kita paham betul jalan menuju kesana, sehingga ketika kita hampir salah jalan, dia akan mengingatkan kita.

Seperti halnya perjalanan, hampir semua yang kita jumpai di jalan, kita akan biarkan dan tidak kita bawa. Karena kita tahu bahwa membawa barang-barang yang tidak diperlukan akan menyulitkan perjalanan. Risikonya kita tidak akan sampai ke tujuan. Kita hanya akan membawa perbekalan kita dan membawa barang yang kita jumpai dalam perjalanan hanya yang bermanfaat.

Ilustrasi diatas mencoba menjelaskan bahwa dalam perjalanan menuju surganya Allah, membutuhkan teman yang memiliki tujuan yang sama dan yang memiliki ilmu untuk menuju surga Nya. dengan demikian perjalanan kita akan lebih mudah.

Jika datang pada kita orang yang mengaku memiliki tujuan yang sama tetapi perilakunya tidak menunjukkan ilmu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu, dapat diartikan bahwa orang itu sedang berbohong atau orang itu adalah orang yang tidak memiliki ilmu (jahil).

Dan Anda dapat memilih cara yang sah untuk mencapai surga Nya Allah yaitu cara-cara yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Tulisan ini mengajak Anda, para pembaca untuk memilih teman yang baik dan cara yang sudah dicontohkan. Semoga hal ini dapat mengingatkan saya dan Anda semua agar langkah kita tidak teralihkan oleh urusan-urusan dunia yang tidak bermanfaat bahkan menyulitkan kita menuju surgaNya.

Wallahu a’lam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *