MUAMALAH SALAH SATU KUNCI SURGA

Orang beriman merindukan surga dan orang tak beriman takut meninggalkan dunia. Jika saja kita tahu bahwa dosa-dosa yang selama ini sudah diampuni dan kita bersih dari dosa, tentu kita akan berharap untuk segera berjumpa dengan Nya. Karena surga adalah isinya hanya kenikmatan dan tidak ada lagi kesulitan. Orang-orang yang tidak beriman takut mati karena merasa dunia adalah kenikmatan yang besar.

Sebelum masuk surga, kita harus melalui hari perhitungan. Perhitungan aktivitas kita selama di dunia. Ada dua yang akan di perhitungkan.

Perkara yang pertama kali dihisab adalah shalat. Sedangkan yang diputuskan pertama kali di antara manusia adalah (yang berkaitan dengan) darah.” (HR. An-Nasa’i no. 3991. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

dan penjelasan untuk hadits ini dari An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullahu yaitu;

Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Yang diputuskan pertama kali di antara manusia adalah (yang berkaitan dengan) darah’ menunjukkan pentingnya masalah darah. Sehingga hal itu merupakan perkara yang diputuskan pertama kali di antara manusia pada hari kiamat. Hal ini disebabkan karena agungnya masalah ini dan besarnya bahayanya.

Hadits ini tidaklah bertentangan dengan hadits terkenal di dalam As-Sunan, ‘Perkara yang pertama kali dihisab adalah shalat’, karena hadits yang ke dua ini berkaitan dengan urusan yang terjadi antara seorang hamba dan Allah Ta’ala. Adapun hadits ini berkaitan dengan urusan yang terjadi di antara sesama manusia.” (Al-MInhaaj Syarh Shahih Muslim, 1/167).

Betapa pentingnya urusan yang terjadi diantara sesama manusia yang bisa memasukkan kita kedalam surga atau sebaliknya menjerumuskan kedalam neraka.

Maka berhati-hatilah dalam urusan ini karena sering kali urusan ini terabaikan. Orang mengira bahwa agama hanyalah urusan antara hamba dengan Allah saja. Mereka tidak resah ketika mereka menyakiti saudaranya, mereka tidak gelisah ketika saudaranya hidup susah. Berhati-hatilah dalam urusan dunia.

Wallahu a’alam. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *