KEMATIAN ADALAH NASIHAT TERBAIK

Saya tidak butuh asuransi“. Begitu kata seseorang ketika ditawari asuransi. Kita sepakat bahwa yang dimaksud dengan asuransi di sini tentu adalah asuransi syariah dan kita sama-sama setuju bahwa asuransi syariah diperbolehkan berdasarkan fatwa para ulama.

Agen asuransi kadang akan melanjutkan dengan mengingatkan, “Pak, asuransi adalah bukan tentang kita yang akan mati, tetapi ini tentang orang-orang yang kita cintai untuk dapat melanjutkan hidupnya.” Memang prinsip dari asuransi adalah salah satunya memastikan keuangan keluarga tetap tersedia walaupun pencari nafkah meninggal dunia. Namun…

Namun… beberapa orang akan menjawab, “Allah yang akan memenuhi kebutuhan hamba-hambaNya.”

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (Huud: 6).

Benar memang ayat tersebut adalah ayat Al Quran yang Mulia dan Allah Maha Benar dengan segala firmanNya. Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan Allah ingin setiap hambaNya kembali padaNya dengan bekal pahala yang banyak.

Begini, pembaca yang baik. Katakan lah Anda sudah beramal kebaikan ketika Anda hidup, tidak mau kah Anda memiliki pahala kebaikan Anda yang terus mengalir saat Anda telah meninggal? Jika Anda memiliki kesempatan mendapatkannya, akan kah Anda tinggalkan kesempatan itu?

Dengarkan apa yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sabdakan;

Harta yang dikeluarkan sebagai makanan untukmu dinilai sebagai sedekah untukmu. Begitu pula makanan yang engkau beri pada anakmu, itu pun dinilai sedekah. Begitu juga makanan yang engkau beri pada istrimu, itu pun bernilai sedekah untukmu. Juga makanan yang engkau beri pada pembantumu, itu juga termasuk sedekah” (HR. Ahmad 4: 131. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Apa yang kita tinggalkan bukan sekedar apa yang bisa membuat orang-orang yang kita cintai melanjutkan hidupnya. Bukan sekadar itu. Bukan sekedar apa yang bisa ditawarkan agen-agen asuransi konvensional. Tetapi juga bagaimana uang pertanggungan yang Anda tinggalkan untuk keluarga menjadi bernilai sedekah bagi Anda walau Anda sudah meninggalkan mereka.

Asuransi syariah adalah satu cara yang menjadikan Anda sebab mengalirnya pahala kebaikan dari apa yang Anda tinggalkan. Lalu, bukan kah hal ini baik bagi Anda?

Sungguh, Kematian Adalah Nasihat Terbaik.

 

 

2 thoughts on “KEMATIAN ADALAH NASIHAT TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *