Menghitung Uang Pertanggungan Anda

Kami sediakan aplikasi bagi Anda agar mudah.

  

1.  Masukkan penghasilan bulanan Anda pada kolom penghasilan bulanan.

2.  Scroll persentase ke kanan atau kiri untuk mendapatkan jumlah persentase yang tepat atas penghasilan bulanan, yaitu biaya hidup yang dibutuhkan ahli waris jika pencari nafkah telah tiada.

3. Masukkan usia anak termuda/terkecil dengan harapan uang pertanggungan ini akan bertahan hingga anak termuda menjadi mandiri.

4. Isikan usia harapan hidup dengan batas usia pemanfaatan uang pertanggungan, setelah usia tersebut diperkirakan uang pertanggungan telah habis terpakai dan jika usia tersebut adalah periode anak mandiri, maka anak tersebut diharapkan sudah bisa mencari nafkah untuk dirinya dan membantu keluarganya.

5. Isi lah kolom asumsi invlasi dengan angka inflasi rata-rata untuk memperkirakan kenaikan biaya hidup. (Tanyakan ahli asuransi jiwa syariah, tanyakan hanya pada ahli nya)

6. Isi kan dengan asumsi tingkat pengembalian investasi atas dana uang pertanggungan yang diterima. (Tanyakan ahli asuransi jiwa syariah, tanyakan hanya pada ahli nya)

 

7.  Klik tombol yang berada diatas “Simulasi dengan Investasi” atau “Simulasi tanpa Investas” maka Anda akan mendapati halaman hasil. 

8. Anda akan diperlihatkan berapa uang pertanggungan yang dibutuhkan berdasarkan metode perhitungan yang Anda gunakan.

9. Anda juga akan diperlihatkan grafik dengan memainkan tombol “next” dan “previous” untuk melihat kronologis penggunaan uang pertanggungan Anda.

 

10. Atau Anda juga dapat melihat tabel yang berisi informasi kronologis penggunaan uang pertanggungan Anda. Untuk mendapatkan aplikasi berbasis Ms. Excel ini silakan klik tautan Download ini.